set up karburator

Posted: February 4, 2011 in Uncategorized

SET UP KARBURATOR

Untuk bukaan gas dari kondisi tertutup hingga seperempat bukaan skep
Ganti pilot jet / idle jet untuk mengatur campuran
Setel ulang skrup udara untuk penyempurnaan aturan ( 1 ½ hingga 2 putaran keluar dari posisi menutup penuh)
Dari posisi seperempat bukaan hingga sepertiga bukaan gas
Setel posisi klip jarum skep
Ganti tipe jarum skep
Dari posisi sepertiga bukaan gas hingga bukaan penuh
Ganti ukuran main jet untuk menyetel campuran udara bahan-bakar
Ganti ukuran power jet (jika ada) untuk menyempurnakan campuran udara-bahan bakar
Bukaan gas separuh hingga bukaan gas penuh
Lakukan penyetelan campuran udara/bahan-bakar dengan penggantian mainjet, jarum skep, atau seting posisi klip jarum skep
Lakukan pengecekan (baca) hasil pembakaran untuk melihat apakah setelan sudah tepat atau belum

CATATAN SET UP:

Dasar penyetelan skrup campuran udara di karburator adalah putar hingga menutup penuh, lalu buka satu setengah putaran keluar. Jika mesin masih berjalan dalam kondisi terlalu basah atau kering coba sedikit setel ulang skrup campuran udara lebih membuka atau menutup. Jika hal ini tidak dapat terkoreksi dengan beberapa putaran, maka gantilah pilot jet nya.
Jika setelan terlalu basah antara bukaan gas posisi tertutup hingga terbuka separuh, dan tidak dapat dikoreksi dengan penyetelan skrup udara, maka ganti pilot jet ke ukuran lebih kecil.
Menjalankan mesin dalam kondisi terlalu basah (campuran kaya) akan menjadikan mesinmu tidak berlari pada kemampuan terbaiknya, menjalankan mesin dalam kondisi terlalu kering lebih berbahaya dan akan merusak komponen mesin seperti piston, liner dan kepala silinder. Sebaiknya ketika melakukan penyetelan karburator, lakukan dari kondisi campuran kaya dan lakukan setelan lebih rendah secara bertahap untuk menemukan setelan pas.
Lihat dan baca kondisi busi untuk mempelajari campuran yang dibutuhkan mesin.
Jika elektroda berwarna hitam, atau basah jelaga; kondisi mesin terlalu banyak bahan-bakar (campuran kaya). Bahan-bakar yang tak terbakar menyebabkan kerak mengendap di busi.
Busi kondisi kering dan berwarna keabu-abuan, atau bahkan putih kapur. Mesin berjalan dalam setelan yang terlalu kering, dan berbahaya bagi kondisi mesin. Pakai jet yang lebih besar untuk mendapatkan setelan yang lebih kaya.
Warna elektroda kecoklatan dan bersih, maka kamu sudah menemukan setelan terbaik yang dibutuhkan mesin.

Ketika melakukan penggantian main jet lebih besar akan mempengaruhi performa mesin mulai dari bukaan gas separuh hingga gas penuh (full throtle). Selalu lakukan penggantian satu-demi satu dan secara bertahap dan cermati perubahan yang terjadi pada performa mesin sebelum merubah faktor lainnya.

Jangan menjalankan mesin dalam kondisi campuran kering (miskin) dalam kondisi terlalu lama yang dapat mengakibatkan overheating (panas yang berlebihan) dan merusak komponen di dalam mesin.

Penyelesaian beberapa persoalan seting karburator.

Permasalahan

Saat stasioner RPM tidak stabil. Mesin berlari tersendat

Kondisi setelan : Campuran terlalu miskin

Metoda koreksi :
Putar setelan skrup udara searah jarum jam (menutup) untuk memperkaya campuran.
Ganti ukuran pilot jet ke angka yang lebih besar
Ganti jarum skep ke diameter lebih kecil atau bentuk lebih runcing untuk memperkaya campuran bahan-bakar.

Saat stasioner keluar asap hitam dari knalpot

Kondisi setelan : Terlalu basah

Metoda koreksi :
Putar keluar skrup setelan udara untuk memperbanyak campuran udara masuk
Ganti pilot jet ke nomor lebih kecil
Ganti jarum skep dengan model yang lebih gemuk

Ketika motor dijalankan akselerasi lemah

Kondisi setelan : Kering

Metoda koreksi : Ganti dengan ukuran mainjet lebih besar

Permasalahan : Ketika berakselari motor tersendat-sendat

Kondisi setelan : Basah

Metoda koreksi : Kecilkan ukuran mainjet

Pada posisi seperempat bukaan gas mesin ngambang dan RPM tidak dapat teriak

Kondisi setelan : Kering

Metoda koreksi :
Pakai dimensi jarum skep lebih kurus untuk memperkaya campuran bahan-bakar
Putar skrep setelan udara searah jarum jam untuk memperkaya campuran

Gas bukaan penuh, Kecepatan bertambah sangat pelan, mesin terasa datar, dan busi tampak basah kehitaman

Kondisi setelan : Terlalu Kaya

Metoda Koreksi :
Setel campuran dengan menggunakan main jet lebih kecil, terus check kondisi kepala busi hingga warna terkoreksi

Ok, sampai disini semoga bermanfaat dan membantu teman-teman dalam melakukan setup karburator sendiri.

Comments
  1. ada yang sudah ganti karbu megapro dengan karbu tiger??

  2. eko adi p says:

    Bro, NMP q udh ganti karbu pake PWK skep oval, kendalanya setingan atas ga bs ketemu, saat putaran atas tarikan tersendat2 dan bila diputar lagi gasnya malah seperti tertahan tarikannya. Kondisi busi, elektroda hitam kering tanpa jelaga disekeliling elektroda ada sedikit jelaga. Perbandingan spuye skrg 38/130. Mhn bantuannya…… Udh pusing ngurusi kendala karbu NMP. Trims

  3. nubie says:

    klo menurut sedulur maholic untuk karbu vacum NMP diganti pake karbu motor apa ya? terimakasih peneranganya

  4. dian says:

    Mau tnya ni,…
    Ukuran standar pj dan mj megapro brapa ya? Trus law mau di naikin bgus nya brapa ya biar dpet top speednya.

  5. klo sampai busi warna hitam gosong berarti pengapian tidak sesuai dengan kapasitas bensin yang terlalu banyak, makanya kita harus no 1 -in pengapian baru karburator.

    Bensin banyak , api harus gede
    bukan bensin banyak tapi api kecil
    jadinya malah bensin banjir di mesin sehingga busi gosong alias mabuk motornya bro

    karburator itu setelah pengapian
    setelah pengapian adalah pembuangan angin yaitu knalpot
    selese dech , ikutin langkah itu biar motor lo sipp bro
    gue bs bilang gini coz gue dah pernah ngerasa-in semua trouble otak atik ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s