Meningkatkan performa Honda New Megapro

Posted: March 19, 2011 in modifikasi
Tags: , , , ,

Keluarnya New Megapro dalam jajaran keluarga Honda membawa angin segar tersendiri, terutama buat segmen sport Honda yang beberapa tahun ke belakang terlihat monoton :D Kehadiran New Megapro sebagai penerus sekaligus pengganti Honda Megapro generasi sebelumnya terbukti memiliki “taring” sebagai salah satu tonggak penjualan PT.AHM. Penilaian konsumen terhadap sebuah produk mungkin bisa digambarkan dari angka penjualan produk tersebut. Bila dibandingkan dengan pendahulunya, seri terbaru ini membukukaan angka yang lebih baik :D bahkan kini sanggup bertarung head-to-head dengan rival sekelasnya yang berbeda merk. Itu artinya,secara garis besar penilaian konsumen terhadap penerus Honda megapro ini semakin membaik :)

Namun terlepas dari itu semua (karena kita, konsumen, tentu aja ga ngobrolin soal berapa angka penjualan, berapa prakiraan demand bulan depan,dll ga ngurusin lhaa :D PS : kalo om bagus mungkin iya ngurusin,xixixixi ) tentu ada beberapa poin buat kita,sebagai konsumen untuk memilih sebuah produk. Ada yang memilih berdasarkan desain,performa,durabilitas,ergonomi,aftersales dan sebagainya. Terkait soal performa, secara teori berdasarkan spesifikasi yang digelontorkan pabrikan untuk New Megapro (selanjutnya kita panggil NMP aja ya :D ) sudah mengalami kenaikan beberapa angka dibanding pendahulunya. Berdasarkan data yang di peroleh dari Page One thread Serba serbi Honda Megapro di Kaskus :D diperoleh spesifikasi power dan torsi sebagai berikut :D

Honda Megapro

Daya maksimum : 13,3 PS / 8.500 RPM
Torsi maksimum : 1,3 kgf.m / 6.000 RPM

Honda New Megapro (NMP)

Daya Maksimum : 13,8 PS / 8.500 rpm
Torsi Maksimum : 1,28 kgf.m / 6.500 rpm

dari spesifikasi pabrikan terlihat ada peningkatan daya maksimum dari megapro pendahulu nya yaitu sebesar 0,5 PS. meski demikian banyak rider/pengguna NMP masih kurang puas dengan performa standar motornya, seperti yang dialami bro Thomas Willy, seorang mahasiswa tingkat akhir yang juga Kaskuser penghuni thread megapro Kaskus dengan ID kaskus : willybj . Jangan tanya gw apa arti “bj” dibelakang nama willy nya ya :P mungkin…..hmmm…husssss..malah ngomongin orang :( kan selalu ada rahasia dibalik rahasia :D lho kok jadi sinetron,xixixi.

Oke, back to topik. berdasarkan test dengan menggunakan mesin dyno untuk kondisi motor standar ternyata diperoleh angka 12,7 dk atau jika di konversikan ke PS sebesar 12,8 PS. Hmmm…kok beda sama spek dari pabrikan yah..mungkin selama perjalanan dari pabrik sampe rumah konsumen kena sunat sana sini,xixixi ngawur :D

Peak point di 12,7 Horse Power

 

Dan untuk meningkatkan performa motornya, willy mendesain sebuah knalpot berbasis freeflow dengan ukuran pipa yang dia perhitungkan dan melakukan riset sendiri. wow :D

Terbukti setelah naik mesin dyno untuk yang berikutnya,setelah pengaplikasian knalpot tersebut, terjadi peningkatan performa yang (pada pengamatan kali ini) difokuskan pada peningkatan daya maksimum. Peningkatan yang terbilang cukup signifikan, yakni sebesar 1,1 HP, diperoleh “hanya” dengan penggunaan knalpot custom tersebut :D

Berikut hasil dyno setelah ganti knalpot custom :

 

Peak power di 13,86 HP, peningkatan sebesar 1,1 HP  :o

 

Ini dia sang ujung tombak peningkatan performa NMP willy :

ajibb :D

 

Penasaran sama “racikan bumbu” buat knalpotnya?

mampir yuk ah ke link dibawah ini,sekalian kita sharing dan diskusi :D

[Share Info] Serba Serbi Honda Megapro

NB : kalo mau posting harus punya ID kaskusnya dulu ya :D ditunggu kedatangannya :o

About these ads
Comments
  1. megaproholic says:

    jangan ada pertamax diantara kita :)

  2. hikmat says:

    ane keduax ajah deh…

  3. jorec says:

    ane ketigax donk :hammer:

    ketauan atas ane para junker sejati dimanapun :Peace:

  4. way says:

    Keempatx aj…
    wah ne snalpot memang bikin ngiler.. harga memang tidak boong :p

  5. nyarisgantenk says:

    ane kelima skalian :rate5 ahhh…..
    ayo kita naikkan performa megicrot :D

    • gilang says:

      maknyusss…btw utk pemasangan knalpot racing di NMP apa ada parameter khusus utk pemilihannya,atw langsung beli aja gan?…hatur nuhun

  6. ditunggu up date blog ini selanjutnya.

  7. tuwek says:

    Slm kenal mas bro

  8. Romi musthafa says:

    Salam kenal gan,
    Saya pengguna NMP, ada cara lain nggak ya selain menggunakan knalpot freeflow untuk meningkatkan Performa NMP, saya tidak suka suara yang berisik.

  9. yups, bener banget nech agan yg diatas, kira2 gmn caranya ningkatin performa NMP tanpa mengganti knalpot racing gan?
    mohon inputnya, (kalo bisa yg low budget yach gan..)

  10. art says:

    kalo ganti cdi, porting, sama ganti karbu gmana masgan?? pernah nyoba?? soale ane pengen… hehehehee jadi sebelum dilakuin cari info dulu

  11. yoh says:

    kl diganti bane lebih lebar biar kekar,,,, pengaruh ngak y ma keceptnnya,,,

  12. Franky says:

    Ane punya New Mega Pro sejak bulan November 2011 gan, kalo boleh tau brp harga knalpotnya, n gmn caranya ane bisa dapatin tuh knalpot… Thanks buat informasinya gan

  13. aqaby says:

    Honda Phantom RR 150 Cina lebih sempurna dari NMP Indonesia? kalo NMP dimodif ke Phantom RR 150 bisa g?

  14. woverine says:

    nubiiee mohon ijin gabung ya om . :D
    ane juga penghuni trit megaproholic kaskus om ..
    i’d woverine ,, :D
    salken dari nubiie yang hina iinii om .. :malus

  15. neo says:

    ukuran pipa knalpotnya pasti lebih besar ya bro dr standartnya? brp ukurannya

  16. Dimas says:

    itu PJ/MJ nya di ganti gak om

  17. Mario Stefano says:

    Malam gan …. ane pakai newmegapro 2011 akhir …ane coba subtitusi jarum skep pakai punya cbr 150 r lama ….dengan kontur jarum yg sedikit lebih kurus ,sehingga debit bensin masuk bisa lebih banyak . Mengingat newmegapro menganut karbu type vakum yg agak sulit dicari persamaan pilot jet maupun main jet neddle .nya ….. matur nuwun ….. monggo dicoba …dengan knalpot standart ane pakai sekarang ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s